Golf: Bagaimana Cara Menghitung Skornya?

Bagikan

Golf. Salah satu olahraga yang menarik dan nantinya akan dipertandingkan dalam Olimpiade 2024 nanti. Olahraga ini cukup unik karena semakin rendah poin yang didapat, maka semakin tinggi posisinya.

Perhitungan Skor Golf

Bagaimana sebenarnya cara perhitungan skor golf dilakukan? Berikut akan dijelaskan secara ringkas pengertian masing-masing skor yang mungkin akan muncul ketika kamu menonton olahraga ini di Olimpiade 2024 nanti.

1. Par

Perhitungan Skor Golf
Infografis yang biasanya terlihat dalam permainan golf.

 

Par sendiri merujuk ke jumlah pukulan standar yang diharapkan dalam satu lubang permainan. Dari contoh gambar di atas, Par 4 berarti lubang permainan tersebut dapat diselesaikan dengan empat pukulan. Jika pemain berhasil menyelesaikan lubang dalam jumlah pukulan sesuai Par, mereka akan mendapatkan Par. Dalam penulisan skor, mereka akan mendapat poin 0.

2. Ace/Hole-in-One

Ace adalah sebuah situasi dimana pemain menyelesaikan lubang permainan hanya dalam satu pukulan, berapapun Par lubang permainan tersebut. Nama lain dari Ace sendiri adalah Hole-in-One. Ace sangat jarang terjadi, sehingga biasanya pemain yang mendapatkan Ace akan sangat dielu-elukan ketika dia mendapatkannya.

Skor yang mereka dapatkan akan tergantung jumlah Par lubang permainan tersebut. Contohnya, jika mereka mendapat Ace di Par 3, maka mereka akan mendapat poin -2 dalam penulisan skor.

3. Condor

Condor diberikan jika pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan empat pukulan dibawah Par. Contoh, apabila dalam situasi Par 6, pemain golf berhasil menyelesaikan permainan dalam dua pukulan, dia mendapat Condor. Dalam penulisan skor, mereka akan mendapat poin -4.

4. Albatross

Albatross diberikan jika pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan tiga pukulan dibawah Par. Contoh, apabila dalam situasi Par 6, pemain golf berhasil menyelesaikan permainan dalam tiga pukulan, dia mendapat Albatross. Dalam penulisan skor, mereka akan mendapat poin -3.

5. Eagle

Eagle diberikan jika pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan dua pukulan dibawah Par. Contoh, apabila dalam situasi Par 6, pemain golf berhasil menyelesaikan permainan dalam empat pukulan, dia mendapat Eagle. Dalam penulisan skor, mereka akan mendapat poin -2.

6. Birdie

Birdie diberikan jika pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan satu pukulan dibawah Par. Contoh, apabila dalam situasi Par 6, pemain golf berhasil menyelesaikan permainan dalam lima pukulan, dia mendapat Birdie. Dalam penulisan skor, mereka akan mendapat poin -1.

7. Bogey

Bogey diberikan jika pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan satu pukulan diatas Par. Contoh, apabila dalam situasi Par 6, pemain golf berhasil menyelesaikan permainan dalam tujuh pukulan, dia mendapat Bogey. Dalam penulisan skor, mereka akan mendapat poin +1.

Bogey sendiri bisa bertambah sesuai dengan jumlah pukulan yang bertambah. Apabila pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan dua pukulan diatas Par, mereka akan mendapatkan Double Bogey (+2). Begitu juga jika pemain menyelesaikan satu lubang permainan dengan tiga pukulan diatas Par, maka mereka mendapatkan Triple Bogey (+3).

Skor tersebut nantinya akan diakumulasikan untuk menentukan pemenang. Normalnya, dalam satu turnamen, akan dimainkan 72 lubang permainan. Semakin minus poin yang didapatkan, maka semakin tinggi posisi yang didapatkan.

Begitu lah cara menghitung skor dalam permainan golf. Sekarang, kamu dapat menonton golf di Olimpiade 2024 nanti tanpa bingung cara membedakan skor dalam olahraga golf.

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.