Klab Golf: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

Bagikan

Klab Golf. Alat yang wajib kamu miliki ketika bermain golf. Selain menghitung skor golf, tentu kamu wajib tahu membedakan klab-klab golf yang dipakai dalam sebuah permainan golf. Apa saja mereka dan apa fungsinya? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Driver

Klab Golf: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

 

Driver seringnya digunakan untuk melakukan pukulan pertama (dalam golf, disebut pukulan Tee). Bentuknya yang mendekati bulat membuat bola yang diayunkan dengan Driver dapat menjangkau jarak yang sangat jauh. Namun Driver biasanya hanya efektif dalam pukulan Tee, karena ukuran Driver yang terlalu besar jika diletakkan di tanah. Driver digunakan dalam pukulan Tee karena bola diletakkan di atas paku kecil (disebut Tee) yang membuat bola golf menjadi seimbang. Karena bantuan Tee inilah baru pemain bisa memukul bola tepat di tengah-tengah Driver. Sesuatu yang sulit dilakukan jika bola berada di tanah.

2. Wood

Klab Golf: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

Wood digunakan untuk mengarahkan bola ke jarak menengah ke jauh. Bentuknya sedikit mirip dengan Driver. Namun, biasanya Wood akan terlihat lebih kecil jika dibandingkan dengan Driver. Bentuknya yang lebih kecil membuat pemain akan memilih menggunakan Wood dibanding Driver jika tidak dalam situasi pukulan Tee.

3. Iron dan Wedge

Klab Golf: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

Iron memiliki kepala padat yang terdiri dari logam dengan muka miring yang datar. Klab ini biasanya dikelompokkan berdasarkan jarak dengan tanda angka 1-9. Semakin tinggi angkanya, maka semakin rendah jangkauan jaraknya. Pemain golf profesional biasanya tidak akan membawa Iron angka 1-4. Ini karena mereka percaya pukulan jauh dapat dilakukan dengan Driver atau Wood semata.

Iron tidak akan lengkap tanpa Wedge. Wedge sendiri memiliki bentuk lambung yang lebih besar dan digunakan dalam pukulan jarak pendek spesial. Wedge biasanya digunakan dalam situasi-situasi tidak ideal. Contohnya, Sand Wedge atau Wedge Pasir akan digunakan dalam situasi bola mendarat di wilayah berpasir. Pemain profesional biasanya akan jarang menggunakan Wedge, karena tentunya wilayah non-rumput akan sangat dihindari.

4. Putter

Klab Golf: Apa Saja dan Apa Fungsinya?

Putter memiliki lambungan tidak lebih dari 10 derajat. Klab ini digunakan jika pemain sudah mencapai area Green. Bentuknya yang mendekati lurus membuat bola lebih mudah digulirkan pada area Green. Namun karena bentuknya yang lurus pula, pemain harus pandai mengatur tenaga saat mengayunkan Putter. Terlalu kuat atau terlalu lemah, maka bola akan meleset dari lubang.

Itulah jenis-jenis klab golf yang biasa akan kita jumpai pada permainan golf. Sekarang, kamu sudah bisa membedakan fungsi klab golf. Selamat mencoba bermain!

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.